Akseleran merupakan startup yang bergerak di bidang Financial Technology (Fintech). Mengintegrasikan sistem pinjaman peer to peer (P2P) dengan crowdfunding. Sebagai portal crowdfunding terintegrasi di Indonesia.

Akseleran berhasil menghubungkan startup, bisnis tahap awal, dan UKM yang membutuhkan modal baik untuk memulai atau mengembangkan usahanya dengan pihak yang mempunyai dana untuk berinvestasi di bisnis itu dalam bentuk pinaman atau ekuitas atau saham.

Akseleran membuka peluang untuk pelaku usaha yang kesulitan mencari pendanaan. Siapa saja yang bisa mengajukan pinjaman melalui Akseleran selama mempunyai usaha yang telah berjalan lebih dari satu tahun dan berlokasi di wilayah Jabodetabek, Banten, dan Bandung.

Tak hanya itu, bisnis yang dijalankan juga mampu menghasilkan laba bersih dalam satu tahun terakhir. Akseleran menawarkan suku bunga pinjaman yang kompetitif mulai dari 6,48 – 17 persen bunga flat atau setara dengan 11,75 – 30 persen bunga efektif.

Sementara tenor atau jangka waktu pelunasan pinjaman bervariasi mulai dari 1 hingga 24 bulan dengan model cicilan atau bullet payment. Apa itu bullet payment? Suatu cara pelunasan pinjaman dimana setiap bulan peminjam hanya berkewajiban membayar bunga, sedangkan pokok pinjaman dan bunga berkelanjutan dilunasi pada saat tenor berakhir atau jatuh tempo.

Apakah pengajuan pinjaman ke Akseleran harus menggunakan agunan? Bisa iya, bisa juga tidak. Akseleran memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam hal agunan. Artinya, Akseleran tidak mensyaratkan agunan untuk setiap pengajuan pinjaman yang diajukan oleh pelaku usaha.

Jika pelaku usaha bisa memberikan agunan, maka analisis kelayakan usaha untuk memperoleh pinjaman akan lebih ditingkatkan dan suku bunga pinjaman akan diturunkan. Dan sebaliknya. Ada berbagai jenis agunan yang dapat digunakan, antara lain peralatan, faktur, inventaris dagang, sertifikat kendaraan bermotor, serta sertifikat tanah dan bangunan.

Semua kemudahan yang ditawarkan Akseleran bertujuan untuk mendorong para pelaku usaha supaya siap memulai serta mengembangkan bisnisnya. Kemudahan pendanaan diharapkan mampu melahirkan wirausaha-wirausaha baru dengan jenis usaha yang beragam dan inovatif serta menghasilkan keuntungan bagi semua pihak, baik pelaku usaha, investor.

Cara kerja Akseleran

Seperti cara kerja platform peer to peer lending pada umumnya, Akseleran juga menghimpun dana dari beberapa investor untuk pengajuan pinjaman yang diajukan pelaku usaha. Akseleran berguna sebagai mediator atau pihak yang menjembatani kepentingan pelaku usaha yang membutuhkan dana dengan investor yang bersedia Beri Pinjaman.

Peran platform Akseleran adalah menghubungkan pelaku usaha dengan investor dan mengurus tertib administrasi pinjaman yang berhasil dicairkan. Platform ini tidak mengelola dana yang dikumpulkan dari investor. Pengelolaan dana dilakukan oleh tim fundraising yang kredibel.

Bagaimana cara kerja Akseleran sebagai platform P2P lending? Pada prinsipnya, cara kerja Akseleran tidak jauh berbeda dengan platform P2P lending lainnya, yaitu:

Usaha rintisan dan UKM mengajukan pinjaman secara online di situs resmi Akseleran yang beralamat di akseleran.com. Namun, sebelumnya pelaku usaha harus mendaftar terlebih dahulu di situs tersebut.

Setelah terdaftar, pelaku usaha yang terdaftar sebagai pengguna platform Akseleran dapat mengajukan pinjaman dengan mengisi formulir yang disediakan termasuk presentasi tentang jenis usaha dan prospeknya ke depan serta besaran dana yang dibutuhkan.

Tim analisis dari Akseleran kemudian menganalisis kelayakan usaha pengusaha yang mengajukan pinjaman tersebut. Jika dianggap layak, maka Akseleran memposting penggalangan dana untuk bisnis tersebut yang menampilkan informasi jumlah pinjaman, tenor, bunga efektif per tahun, agunan, cara dan frekuensi pembayaran.

Tidak hanya itu, setiap penggalangan dana juga menyertakan rating atau grade. Nilai bisnis ini didasarkan pada hasil analisis kelayakan bisnis yang telah dilakukan oleh tim Percepatan.

Proses penggalangan dana berlangsung selama 30 hari. Pada hari terakhir jika mencapai minimal 80 persen, maka penggalangan dana berhasil serta siap dicairkan kepada peminjam. Namun, jika dalam jangka waktu yang ditentukan minimal 80 persen tidak tercapai, penggalangan dana akan gagal. Dana yang sudah masuk akan dikembalikan ke investor.

Mulai Pendanaan dengan Akseleran yang akan membantu mengatasi kesulitan akses permodalan bagi UMKM di Indonesia. Dengan menyediakan layanan pendanaan online yang aman dan terpercaya,

Akseleran membantu meningkatkan pertumbuhan bisnis di Indonesia serta mempercepat proses pendanaan. Dengan keunggulan itu, Akseleran menjadi pilihan menarik bagi Anda yang ingin mengembangkan usahanya melalui pinjaman online.

Nah, itulah yang dapat kami ulas mengenai cara kerja akseleran itu sendiri. Bagi anda yang masih bingung, anda dapat menyimak ulasan dalam artikel ini hingga tuntas.

 

 

RELATED ARTICLES

3 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Efektif

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi rambut berketombe sering kali menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala. Apalagi ketika anda menggaruknya serpihan putih kecil akan jatuh dari rambut mengenai baju. Pastinya anda akan merasa terganggu dan kurang percaya diri untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Adapun cara menghilangkan…

8 Produk Unggulan Skintific Untuk Kulit Sehat

Skintific merupakan brand skincare terkenal yang menawarkan serangkaian produk unggulan dengan teknologi paten TTE (Triangle Trilogy Effect) dan berdasarkan riset ilmiah yang mendalam. Brand asal Kanada ini dikenal karena produk-produknya yang efektif dalam menjaga kesehatan kulit dan membantu memperbaiki masalah kulit yang umum. Berikut adalah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *