Ciri-ciri sakit maag yang biasa dialami yaitu ketika lapisan lambung mengalami peradangan dalam waktu yang lama. Pada umumnya penyakit magh biasa terjadi dan tidak akan mengancam nyawa penderitanya secara langsung.

Kondisi ini berbeda ketika menunjukkan ciri-ciri gastritis yang parah atau maag kronis. Maag kronis pasti mengakibatkan komplikasi yang sebenarnya berbahaya bahkan mengancam keselamatan jiwa penderitanya. Pengobatan dan perubahan pola makan dengan Sereal Umbi Garut Nutriflakes bisa mengurangi dan meringankan gejala Maag.

Penyebab Sakit Maag

  • Infeksi oleh bakteri
  • Iritasi yang disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu
  • Keracunan makanan tertentu
  • Mengalami GERD atau gastroesophageal reflux disease

Ciri-Ciri Penyakit Maag Parah

Gastritis kronis mempunyai gejala yang dapat muncul berulang kali. Kondisi ini bisa terjadi selama bertahun-tahun. Biasanya gastritis kronis menyerang seseorang yang berusia di atas 50 tahun atau lansia.

Namun tidak menutup kemungkinan juga seseorang di usia muda dapat menderita maag kronis karena beberapa sebab. Berikut ciri-ciri penyakit maag parah yang mungkin terjadi pada penderitanya.

  • Muntah darah

Muntah darah bisa menjadi perantara bahwa seseorang sedang mengalami ciri-ciri sakit maag yang sudah parah. Hal ini bisa terjadi akibat peradangan dinding lambung yang sangat serius. Asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan iritasi hingga menyebabkan muntah darah.

  • Sesak napas

Biasanya sesak napas merupakan ciri-ciri sakit maag yang sudah parah. Sesak napas terjadi karena asam lambung naik ke paru-paru dan menjepitnya. Pada umumnya penderita asma mempunyai riwayat gangguan lambung, seperti sakit maag.

  • Warna Feses Gelap

Seseorang dengan ciri-ciri maag yang parah mempunyai warna feses yang lebih gelap, bahkan hitam. Umumnya feses orang sehat berwarna kuning kecoklatan, jika feses bercampur darah akan membuat warnanya menjadi lebih gelap.

Penyebab perdarahan dapat terjadi pada saluran pencernaan bagian atas yang meliputi kerongkongan, lambung, atau usus kecil. Bukan hanya itu tinja berwarna hitam dapat terjadi akibat peradangan pada lambung akibat infeksi oleh bakteri, obat-obatan atau konsumsi alkohol yang berlebihan.

  • Sering kembung

Kembung bisa menjadi ciri penyakit maag yang parah. Gas dalam jumlah besar menumpuk di perut yang bisa menyebabkan kembung. Proses kembung bisa terjadi akibat produksi asam lambung yang berlebihan dan naik ke perut bagian atas.

Selain bisa menyebabkan kembung, jumlah gas yang terlalu banyak di perut mengakibatkan sering bersendawa dengan rasa asam di kerongkongan.

  • Kehilangan selera makan

Ciri-Cir lainnya untuk penyakit maag yang sudah parah adalah mengalami kehilangan nafsu makan. Kelebihan gas di perut menyebabkan efek rasa kenyang meski Anda hanya makan dengan porsi yang sangat kecil. Penderita gastritis juga mempunyai gejala seperti sulit menelan makanan, serta sering mual dan muntah. Ini disebabkan oleh asam lambung.

  • Berat badan turun

Berkurangnya nafsu badan sekaligus dapat menyebabkan penurunan berat badan juga. Ini mencirikan gastritis parah lainnya. Hal ini dapat menyebabkan tubuh mengalami kondisi lemas dan mudah lelah saat beraktivitas ringan maupun sedang.

Badan lemah penderita maag kronis disebabkan oleh kurangnya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini dapat memperparah kondisi peradangan pada lapisan lambung dan lambung. Perut bagian tengah berada pada posisi yang sulit untuk makanan masuk sehingga menimbulkan efek berupa rasa lemas.

Untuk mengatasi Maag Anda bisa mengkonsumsi sereal umbi garut Nutriflakes. Sereal Nutriflakes merupakan sereal umbi garut yang dibuat khusus untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti asam lambung naik dan maag kronis. Dengan mengonsumsi sereal umbi garut Nutriflakes kesehatan pencernaan kita akan tetap terjaga.

Sereal ini menggunakan bahan-bahan alami seperti umbi garut dan psyllium husk. Kedua bahan ini sangat baik untuk pencernaan sebab mempunyai kandungan serat juga zat pati di dalamnya.

Nah, itulah dia ciri-ciri sakit Maag yang perlu Anda ketahui. Cegah sebelum semakin parah.

 

 

RELATED ARTICLES

Menyoroti Keunggulan Farmasi di Paniai, Papua

Di tengah keindahan alam Papua yang memukau, terdapat sebuah kota kecil yang menjadi pusat kemajuan farmasi di wilayahnya: Paniai. Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) di Kabupaten Paniai merupakan entitas vital yang berkontribusi besar dalam mengembangkan industri farmasi dan kesehatan di daerah ini.   Peran PAFI…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *