Jaksa penuntut umum (JPU) menghadirkan Direktur Operasional Jasamarga Toll Road Operator Yoga Trianggoro sebagai saksi dalam sidang lanjutan perkara Unlawful Killing atas kedua terdakwa Briptu Fikri Ramadhan dan IPDA M. Yusmin Ohorella, Selasa (16/11/2021). Diketahui, sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan ini masih beragendakan mendengar keterangan saksi dari jaksa. Dalam persidangan, Yoga menyebut, dirinya adalah orang yang bertanggung jawab atas segala fasilitas dan pengoperasian ruas jalan tol Jakarta Cikampek.

Salah satu aspek yang diawasi oleh dirinya dan tim, yakni terkait dengan operasional penggunaan CCTV di sepanjang ruas jalan tol tersebut. "Untuk pengawasan CCTV di bawah tim kami karena kami bertanggung jawab atas operasional jalan tol," kata Yoga dalam persidangan menjawab pertanyaan jaksa. Yoga mengatakan, di sepanjang ruas jalan dari KM 2 hingga KM 72 tol Jakarta Cikampek yang menjadi area pengawasannya, setidaknya ada 123 kamera CCTV.

Hanya saja saat kejadian penembakan yang menewaskan 6 anggota eks Laskar FPI tersebut, sejumlah CCTV mengalami gangguan yang mengakibatkan jaringannya offline. Adapun letak CCTV yang mengalami gangguan tersebut berada di KM 49 sampai KM 72. "Kami ketika ada kejadian seperti itu Minggu 6 Desember kami bikin laporan ke vendor kalau cctv offline dari kilometer 49 72," ucap Yoga.

Dalam persidangan, dia menyebut, penyebab dari offline nya CCTV itu karena terputusnya fiber optic yang menghubungkan jaringan CCTV ke server yang berada di Bekasi. Dengan terputusnya jaringan tersebut, maka segala kondisi di sepanjang ruas jalan di KM 49 sampai KM 72 tidak dapat terekam dan tersimpan di server. Sementara, diketahui kejadian penggeledahan hingga penembakan yang melibatkan anggota laskar FPI dan anggota Polda Metro Jaya berada di rest area KM 50 Cikampek.

"CCTV nya berfungsi tetapi ada gangguan di fiber optic di km 48.600 jadi tidak bisa diantarkan ke server dan tidak tersimpan di data kami yang ada di Bekasi," beber Yoga. Gangguan CCTV offline itu sendiri kata Yoga berlangsung hingga Senin (7/12/2020) sekitar pukul 16.00 WIB. Hanya saja pihaknya maupun tim vendor hingga kini belum mengetahui penyebab pasti dari terputusnya fiber optic yang mengakibatkan CCTV tersebut offline.

Dirinya hanya menegaskan kalau kejadian putusnya fiber optic bisa diakibatkan oleh beberapa aspek seperti pekerjaan proyek, kecelakaan kendaraan hingga digigit hewan. "Kalau vendor kami menyatakan tidak bisa memutuskan apa penyebabnya, yang pasti fiber optic nya putus," ucap Yoga. Atas hal itu, dirinya tidak dapat menjelaskan terkait kronologi kasus penembakan yang menewaskan 6 anggota eks Laskar FPI berdasarkan hasil rekaman CCTV di sepanjang ruas jalan tol tersebut.

Dakwaan Jaksa Pada perkara ini, terdakwa Briptu Fikri Ramadhan dan IPDA M. Yusmin Ohorella didakwa telah melakukan penganiayaan yang membuat kematian secara sendiri atau bersama sama terhadap 6 orang anggota eks Laskar FPI. "Mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan yang turut serta melakukan, dengan sengaja merampas nyawa orang lain," kata jaksa dalam persidangan Senin (18/10/2021).

Atas hal itu, jaksa menyatakan, perbuatan para terdakwa merupakan tindak pidana sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 338 KUHP jo Pasal 55 Ayat (1) ke 1 KUHP subsider Pasal 351 Ayat (3) KUHP jo Pasal 55 Ayat (1) ke 1 KUHP.

RELATED ARTICLES

Pesona Candi Borobudur Magelang dan Sejarahnya

Candi Borobudur Magelang adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Indonesia. Candi yang megah ini adalah situs warisan dunia UNESCO karena bangunannya. Candi ini terbuat dari batu dan dihiasi dengan ukiran dan patung, menjadikannya sebuah wisata yang mengesankan. Adapun yang lebih menakjubkan dari Candi Borobudur…

3 Alasan Kenapa Harus Punya Mobil

Memiliki kendaraan pribadi terutama mobil pada masa pandemi Covid-19 dinilai semakin penting. Tentunya untuk membantu mobilitas harian, mobil pribadi juga dapat mendukung fleksibilitas seseorang untuk bepergian. Terutama pada saat musim hujan, misalnya. Seseorang yang memiliki mobil akan cenderung lebih fleksibel bepergian dibandingkan mereka yang mengendarai…

Upaya Pencegahan Narkoba bagi Remaja

Upaya Pencegahan Narkoba bagi Remaja  – Memberikan solusi pencegahan narkoba bagi remaja sangatlah penting, apalagi dengan maraknya peredaran narkoba dan obat-obatan terlarang yang sangat mempengaruhi mental dan pendidikan generasi muda saat ini. Masa depan bangsa yang besar ini sepenuhnya bergantung pada upaya membebaskan generasi muda…

Leave a Reply

Your email address will not be published.