Pemerintah kembali memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 4 di Jawa Bali mulai 16 November hingga 29 November mendatang. Selama pemberlakuan PPKM ini, kegiatan masyarakat di seluruh wilayah Jawa Bali diatur sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 60 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Covid 19 Level 3, 2 dan 1 di Wilayah Jawa Bali. Namun, Inmendagri kali ini berbeda dari Inmendagri sebelumnya. Inmendagri yang diterbitkan pada Senin, (15/11/2021) tidak lagi mengatur persyaratan perjalanan domestik seperti sebelumnya.

Aturan atau persyaratan perjalanan domestik sesuai dengan ketentuan diatur oleh Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Nasional. "Persayaratan perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor dan transportasi umum jarak jauh (pesawat udara, bis, kapal laut, dan kereta api) sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Nasional," demikian bunyi Inmendagri 60/2021. Sebelumnya, pada Inmendagri Nomor 57 Tahun 2021 yang diterbitkan pada 2 November 2021masih mengatur persyaratan perjalanan domestik.

Dalam Inmendagri itu dijelaskan mengenai peraturan syarat naik pesawat terbang antar wilayah Jawa dan Bali untuk daerah berstatus level 1, level 2 dan level 3. Selain itu, diatur pula tentang syarat perjalanan pesawat terbang yang masuk dan keluar Jawa Bali. Rinciannya adalah, pelaku perjalanan domestik yang menggunakan transportasi umum jarak jauh seperti pesawat udara harus menunjukkan tiga syarat.

Pertama, menunjukkan kartu vaksin. Kedua, bagi pelaku perjalanan udara yang masuk dan keluar Jawa Bali dan sudah divaksin dosis lengkap diminta menunjukkan hasil tes antigen yang diambil pada H 1 sebelum keberangkatan. Sementara itu, bagi pelaku perjalanan udara yang masuk dan keluar Jawa Bali dan baru divaksin dosis pertama diminta menunjukkan hasil tes PCR yang sampelnya diambil pada H 3 sebelum keberangkatan.

Syarat ketiga, untuk pelaku perjalanan udara antar wilayah Jawa Bali dan sudah divaksin dosis lengkap diminta menunjukkan hasil tes antigen yang sampelnya diambil pada H 1 sebelum keberangkatan. Sedangkan bagi pelaku perjalanan antar wilayah Jawa Bali yang baru divaksinasi dosis pertama diminta menunjukkan hasil tes PCR yang sampelnya diambil pada H 3 sebelum keberangkatan.

RELATED ARTICLES

3 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Efektif

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi rambut berketombe sering kali menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala. Apalagi ketika anda menggaruknya serpihan putih kecil akan jatuh dari rambut mengenai baju. Pastinya anda akan merasa terganggu dan kurang percaya diri untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Adapun cara menghilangkan…

8 Produk Unggulan Skintific Untuk Kulit Sehat

Skintific merupakan brand skincare terkenal yang menawarkan serangkaian produk unggulan dengan teknologi paten TTE (Triangle Trilogy Effect) dan berdasarkan riset ilmiah yang mendalam. Brand asal Kanada ini dikenal karena produk-produknya yang efektif dalam menjaga kesehatan kulit dan membantu memperbaiki masalah kulit yang umum. Berikut adalah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *