Pemerintah kembali memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 4 di Jawa Bali mulai 16 November hingga 29 November mendatang. Selama pemberlakuan PPKM ini, kegiatan masyarakat di seluruh wilayah Jawa Bali diatur sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 60 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Covid 19 Level 3, 2 dan 1 di Wilayah Jawa Bali. Namun, Inmendagri kali ini berbeda dari Inmendagri sebelumnya. Inmendagri yang diterbitkan pada Senin, (15/11/2021) tidak lagi mengatur persyaratan perjalanan domestik seperti sebelumnya.

Aturan atau persyaratan perjalanan domestik sesuai dengan ketentuan diatur oleh Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Nasional. "Persayaratan perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor dan transportasi umum jarak jauh (pesawat udara, bis, kapal laut, dan kereta api) sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Nasional," demikian bunyi Inmendagri 60/2021. Sebelumnya, pada Inmendagri Nomor 57 Tahun 2021 yang diterbitkan pada 2 November 2021masih mengatur persyaratan perjalanan domestik.

Dalam Inmendagri itu dijelaskan mengenai peraturan syarat naik pesawat terbang antar wilayah Jawa dan Bali untuk daerah berstatus level 1, level 2 dan level 3. Selain itu, diatur pula tentang syarat perjalanan pesawat terbang yang masuk dan keluar Jawa Bali. Rinciannya adalah, pelaku perjalanan domestik yang menggunakan transportasi umum jarak jauh seperti pesawat udara harus menunjukkan tiga syarat.

Pertama, menunjukkan kartu vaksin. Kedua, bagi pelaku perjalanan udara yang masuk dan keluar Jawa Bali dan sudah divaksin dosis lengkap diminta menunjukkan hasil tes antigen yang diambil pada H 1 sebelum keberangkatan. Sementara itu, bagi pelaku perjalanan udara yang masuk dan keluar Jawa Bali dan baru divaksin dosis pertama diminta menunjukkan hasil tes PCR yang sampelnya diambil pada H 3 sebelum keberangkatan.

Syarat ketiga, untuk pelaku perjalanan udara antar wilayah Jawa Bali dan sudah divaksin dosis lengkap diminta menunjukkan hasil tes antigen yang sampelnya diambil pada H 1 sebelum keberangkatan. Sedangkan bagi pelaku perjalanan antar wilayah Jawa Bali yang baru divaksinasi dosis pertama diminta menunjukkan hasil tes PCR yang sampelnya diambil pada H 3 sebelum keberangkatan.

RELATED ARTICLES

susu anak 1 tahun

Manfaat Susu Formula Untuk Anak

Selama dua tahun, para ibu disarankan untuk memberikan ASI kepada bayi karena terbukti baik untuk kesehatan dan perkembangan si kecil. Setelah mendapatkan ASI setelah dua tahun, orang tua disarankan untuk memberikan susu formula sebagai pengganti ASI. Meski tidak sebermanfaat ASI, namun susu formula dibutuhkan untuk…

Cara Membersihkan Cumi-Cumi

SehatQ, Cara Membersihkan Cumi-Cumi

Cumi-cumi merupakan makanan laut yang tidak hanya lezat saja melainkan juga kaya akan protein, vitamin C, omega 3, zat besi bahkan juga kalsium yang sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda. Tapi jika di sini cumi-cumi tidak dibersihkan secara benar maka aroma amis dari cumi-cumi akan…

Manfaat Flawless Glow Red Jelly untuk Wajah

Red jelly mendengar namanya, pasti sebagian orang akan mengira bahwa jely merah adalah makanan yang berasal dari gelatin yang memiliki warna merah sesuai dengan namanya. Namun ternyata anggapan tersebut salah, Red Jelly sebenarnya adalah produk kecantikan. Biasanya orang hanya menyebutnya Red Jelly. Jenis produk kecantikan…

Leave a Reply

Your email address will not be published.