Candi Borobudur Magelang adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Indonesia. Candi yang megah ini adalah situs warisan dunia UNESCO karena bangunannya. Candi ini terbuat dari batu dan dihiasi dengan ukiran dan patung, menjadikannya sebuah wisata yang mengesankan.

Adapun yang lebih menakjubkan dari Candi Borobudur adalah dibangun pada abad kesembilan, menjadikannya salah satu candi Buddha tertua di dunia. Jika Anda mencari pengalaman budaya yang tak terlupakan, kunjungi Candi Borobudur di Magelang.

Pesona Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah situs  Budha terbesar di dunia dan ikon warisan budaya Indonesia yang paling terkenal. Situs ini adalah salah satu monumen paling berharga di dunia dan, dengan demikian, adalah Situs Warisan Dunia UNESCO.

Sebagian besar desain arsitektur a menunjukkan pengaruh India dan Hindu, tetapi unsur-unsur pribumi juga terlihat di candi ini. Ada 2.672 panel relief batu yang diukir dengan rumit, sebagian besar menampilkan pemandangan dari kehidupan Buddha dan menceritakan kisah kosmologi Buddhis.

Ada juga 504 patung Buddha. Hal yang luar biasa tentang struktur ini adalah tidak ada semen atau mortar yang digunakan; sebagai gantinya, potongan-potongan batu itu disatukan seperti potongan-potongan Lego yang saling terkait. Sekitar 55.000 meter kubik batu digunakan dalam konstruksi, dan semuanya disatukan dengan kenop, lekukan, dan kunci pas.

Kompleks candi Borobudur didesain menyerupai bunga teratai dan melambangkan bunga mistis Buddha. Sepuluh teras bangunan mewakili sepuluh tahap menjadi seorang Buddha. Sebelum menjadi Buddha, seseorang harus melalui tahapan-tahapan ini. Setiap tahap secara simbolis mewakili alam semesta. Candi Borobudur juga didesain menyerupai mandala tiga dimensi.

Mandala digunakan untuk meditasi dan mewakili alam semesta. Patung-patung relief di candi menggambarkan kepercayaan dan cerita Buddhis. Patung-patung dibangun untuk membimbing seseorang menuju keadaan kesadaran yang lebih tinggi. Stupa pusat di atas candi Borobudur mewakili pikiran yang memberi energi.

Sejarah Candi Borobudur

Kompleks Candi Borobudur adalah salah satu monumen Buddha yang paling penting. Masih belum sepenuhnya jelas mengapa candi dibangun, tetapi banyak yang percaya bahwa Borobodur dibangun pada masa dinasti Sailendra, antara 7 dan 8 M.

Para arkeolog mengatakan bahwa rekonstruksi Borobudur berhenti pada tahun 875 M, dan diperkirakan bahwa Raja Samaratungga mengawasi pekerjaan pada waktu itu. Masih banyak perdebatan di kalangan sejarawan modern tentang peristiwa politik apa yang menyebabkan pembangunan Borobudur. Namun, jelas bahwa candi ini merupakan prestasi teknik dan arsitektur yang luar biasa, dan terus menjadi tujuan wisata populer di Indonesia.

Kalau Anda sedang berwisata di sini, jangan lewatkan untuk menemukan kuliner khas Magelang di restoran dekat Borobudur. Ada banyak yang bisa diburu kalau Anda merencanakan untuk pergi ke Candi Borobudur Magelang dan dijamin Anda tidak akan bosan.

RELATED ARTICLES

brand loyalty

Memahami Cara Meningkatkan Brand Loyalty

Apa itu brand loyalty? Mempunyai makna yang dekat dengan pembelian berulang dari konsumen. Brand loyalty adalah pola perilaku konsumen yang cenderung mempunyai komitmen pada produk tertentu. Sehingga terus-menerus melakukan pembelian berulang seiring berjalannya waktu, dan ini akan menguntungkan perusahaan. Bagaimana cara meningkatkan  brand loyalty? Perlu…

susu anak 1 tahun

Manfaat Susu Formula Untuk Anak

Selama dua tahun, para ibu disarankan untuk memberikan ASI kepada bayi karena terbukti baik untuk kesehatan dan perkembangan si kecil. Setelah mendapatkan ASI setelah dua tahun, orang tua disarankan untuk memberikan susu formula sebagai pengganti ASI. Meski tidak sebermanfaat ASI, namun susu formula dibutuhkan untuk…

Cara Membersihkan Cumi-Cumi

SehatQ, Cara Membersihkan Cumi-Cumi

Cumi-cumi merupakan makanan laut yang tidak hanya lezat saja melainkan juga kaya akan protein, vitamin C, omega 3, zat besi bahkan juga kalsium yang sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda. Tapi jika di sini cumi-cumi tidak dibersihkan secara benar maka aroma amis dari cumi-cumi akan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *