Cara merawat aki mobil perlu dilakukan dengan benar. Apabila merasa bahwa mobil Anda  bermasalah, maka bisa mencoba mengunjungi bengkel mobil. Saat ini telah tersedia platform untuk booking service dengan bengkel yang menjadi mitra Otoklix. Otoklix memang menjadi pilihan tepat untuk segala layanan perawatan dan perbaikan mobil Anda.

Platform yang satu ini transparan dan memudahkan di setiap prosesnya. Layanan perawatan mobil melalui Otoklix tersedia berbagai macam. Mulai dari layanan servis berkala, ganti oli, ban, rem, hingga cuci dan detailing. Apabila mobil tidak bekerja dengan baik, maka Otoklix jadi solusinya. Platform yang bisa membantu perbaikan ringan hingga berat. Baik itu dari dalam memperbaiki mesin, body repair, radiator mobil, AC mobil hingga aki mobil.

Aki mobil merupakan salah satu komponen yang utama dalam mobil. Fungsi utama dari aki yakni untuk menyuplai daya listrik bagi beberapa komponen mobil lainnya. Saat aki mobil tidak berfungsi dengan baik, maka kenyamanan pengendara dan penumpang mobil akan terganggu. Untuk itu, Anda perlu menjaga kondisi aki mobil tetap prima dan tidak cepat tekor.

Inilah Cara Merawat Aki Mobil yang Benar

Pentingnya melakukan perawatan aki mobil agar tetap prima. Hal ini agar saat digunakan berkendara akan terasa nyaman. Berikut ini adalah cara merawatnya.

Periksa Bagian Terminal pada Aki Mobil

Cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikan aki pada mobil dalam kondisi baik yakni dengan memeriksa bagian terminal. Bagian terminal aki yang berfungsi sebagai jembatan penghubung antara kutub positif dan negatif. Pada bagian terminal aki ini memang mudah mengalami kerusakan. Sebab, terminal pada aki sangat mudah disisipi dari berbagai macam bakteri, jamur, dan virus yang bisa membahayakan.

Benda-benda asing yang menempel di terminal tersebut kemungkinan lain akibat usia aki sudah terlalu tua. Untuk membersihkannya sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri tanpa menggunakan bantuan montir. Caranya yakni dengan menyiapkan air panas dalam ember dan juga sikat gigi bekas.

Selanjutnya gosok bagian aki yang tertempel benda asing tersebut hingga bersih. Selain itu, coba periksa bagian terminal. Apabila tampak kendur, lakukan pengencangan. Apabila terasa sangat sulit untuk dikencangkan, maka tandanya harus mengganti baut. Kemungkinan lainnya Anda harus membeli aki yang baru. Periksa bagian terminal aki secara rutin menjadi salah satu cara untuk merawat aki mobil.

Rutin Mengecek Kondisi Aki

Cara yang bisa Anda gunakan lainnya untuk merawat aki yakni rutin mengecek kondisinya. Battery load tester merupakan alat yang bisa membantu proses pengecekan kondisi aki. Alat yang satu ini bisa menampilkan berapa besaran indikator dari aki di mobil. Bagi yang menggunakan jenis aki basah, sebaiknya lakukan pengecekan cairan elektrolit secara rutin. Apabila cairan tampak akan habis, maka segera lakukan pengisian ulang. Cara yang bisa Anda lakukan ini akan mencegah terjadinya aki mobil soak.

Perhatikan Daya Pengisian Bahan Bakar pada Mobil

Dengan memperhatikan daya pengisian bahan bakar, menjadi salah satu cara merawat aki mobil. Saat mengisi bensin, Anda perlu memperhatikan jumlah bahan bakar saat mobil menyala. Apabila baru membeli bensin dan cepat habis, maka daya pengisian bahan bakar menunjukkan adanya gangguan.

Alasan umum yang mengakibatkan aki tersebut bermasalah, yakni terlalu banyak jumlah aksesoris terpasang dalam mobil. Ada cara untuk memastikan hal tersebut tetap baik-baik saja. Anda bisa mencoba dengan melihat pengisian pada aki. Caranya lepaskanlah kutub negatif aki saat mobil menyala, apabila kendaraan langsung mati kemungkinan ada permasalahan saat sedang mengisi bahan bakar.

Jangan Lupa Memanasi Mobil Saat Tidak Digunakan

Apabila mobil tidak melakukan perjalanan selama beberapa hari, pastikan untuk tetap memanasi mobil. Salah satu penyebab daya pada aki berkurang saat pemiliknya tidak memanasi mobil meski tidak digunakan. Hal ini hanya akan mengakibatkan aki jadi soak. Oleh karena itu, penting untuk selalu memanasi mobil setiap hari. Apabila sering memanasi mobil, maka aki mobil akan tetap awet.

Matikan Perangkat yang Tersambung Listrik Saat Tidak Digunakan

Cara merawat aki mobil berikutnya yakni saat mobil tidak digunakan matikan seluruh perangkat yang terhubung dengan saluran listrik. Perangkat listrik tersebut seperti radio, AC, lampu, dan TV kecil. Tak hanya membuat aki mobil tetap awet, namun kebutuhan daya tercukupi.

Rajin Memeriksa Air pada Aki

Hal penting lainnya yang perlu dilakukan yakni adalah rutin melakukan pemeriksaan air pada aki. Apabila mengetahui persediaan air pada aki berkurang, maka segera lakukan pengisian ulang. Namun apabila persediaan air pada aki berkurang dan tidak segera diisi ulang hanya akan mengakibatkan kerusakan pada aki.

Cara merawat aki mobil tersebut penting untuk Anda ketahui. Apabila aki mobil bermasalah dan perlu ganti aki, maka bisa membawanya ke bengkel. Platform ini telah bermitra dengan 2000+ bengkel umum pilihan di Jabodetabek. Harganya transparan dan diberi tahu saat awal booking. Selain itu, adanya service bergaransi 30 hari setelah pengerjaan. Bahkan pembayarannya bisa Anda lakukan di bengkel mitra.

 

RELATED ARTICLES

susu anak 1 tahun

Manfaat Susu Formula Untuk Anak

Selama dua tahun, para ibu disarankan untuk memberikan ASI kepada bayi karena terbukti baik untuk kesehatan dan perkembangan si kecil. Setelah mendapatkan ASI setelah dua tahun, orang tua disarankan untuk memberikan susu formula sebagai pengganti ASI. Meski tidak sebermanfaat ASI, namun susu formula dibutuhkan untuk…

Cara Membersihkan Cumi-Cumi

SehatQ, Cara Membersihkan Cumi-Cumi

Cumi-cumi merupakan makanan laut yang tidak hanya lezat saja melainkan juga kaya akan protein, vitamin C, omega 3, zat besi bahkan juga kalsium yang sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda. Tapi jika di sini cumi-cumi tidak dibersihkan secara benar maka aroma amis dari cumi-cumi akan…

Manfaat Flawless Glow Red Jelly untuk Wajah

Red jelly mendengar namanya, pasti sebagian orang akan mengira bahwa jely merah adalah makanan yang berasal dari gelatin yang memiliki warna merah sesuai dengan namanya. Namun ternyata anggapan tersebut salah, Red Jelly sebenarnya adalah produk kecantikan. Biasanya orang hanya menyebutnya Red Jelly. Jenis produk kecantikan…

Leave a Reply

Your email address will not be published.