Selama dua tahun, para ibu disarankan untuk memberikan ASI kepada bayi karena terbukti baik untuk kesehatan dan perkembangan si kecil. Setelah mendapatkan ASI setelah dua tahun, orang tua disarankan untuk memberikan susu formula sebagai pengganti ASI.

Meski tidak sebermanfaat ASI, namun susu formula dibutuhkan untuk menunjang kesehatan dan pertumbuhan. Akan tetapi jangan terlalu banayak menggunakan susu anak 1 tahun.

Apa Saja Manfaat Susu Formula Untuk Anak?

  1. Tulang Kuat

Kandungan kalsium yang umumnya terdapat pada susu formula dapat membuat tulang anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan tumbuh kuat dan sehat. Selain itu, pemberian susu formula pada usia dua tahun juga dapat menghindari risiko osteoporosis yang dapat menyebabkan kelainan tulang atau pertumbuhan anak tidak baik.

  1. Perkembangan Saraf Otak

Kandungan zat besi dalam susu formula dipercaya dapat membantu pertumbuhan otak pada anak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang rutin mengonsumsi susu setiap hari terbukti lebih pintar daripada anak yang tidak rutin mengonsumsi susu. Penting untuk diketahui bahwa 100 g susu mengandung energi 61 Kkal, 3,2 g protein, dan 143 mg kalsium.

  1. Lebih Aktif

Umumnya susu formula juga mengandung energi yang bisa membuat anak lebih aktif. Tidak hanya itu, susu formula juga mengandung fosfor, protein, vitamin A dan vitamin B yang dapat meningkatkan fungsi imun dan energi anak sehingga anak tidak mudah lelah dan lebih aktif saat beraktivitas.

  1. Gigi Sehat

Mengkonsumsi susu setiap hari juga dapat membuat gigi anak lebih sehat dan mencegah masalah kesehatan gigi seperti gusi bengkak atau gigi berlubang. Hal ini karena kandungan nutrisi dalam susu formula justru dapat membantu melindungi permukaan email gigi.

  1. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi bisa berbahaya bagi kesehatan anak, salah satunya bisa menyebabkan anak mengalami sakit tenggorokan dan bibir kering. Oleh karena itu, pastikan anak Anda terhindar dari dehidrasi dengan rutin memberikan ASI. Pasalnya, susu kaya akan mineral atau molekul air. Namun, meski begitu, tetap berikan air pada Si Kecil.

 

RELATED ARTICLES

3 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Efektif

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi rambut berketombe sering kali menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala. Apalagi ketika anda menggaruknya serpihan putih kecil akan jatuh dari rambut mengenai baju. Pastinya anda akan merasa terganggu dan kurang percaya diri untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Adapun cara menghilangkan…

8 Produk Unggulan Skintific Untuk Kulit Sehat

Skintific merupakan brand skincare terkenal yang menawarkan serangkaian produk unggulan dengan teknologi paten TTE (Triangle Trilogy Effect) dan berdasarkan riset ilmiah yang mendalam. Brand asal Kanada ini dikenal karena produk-produknya yang efektif dalam menjaga kesehatan kulit dan membantu memperbaiki masalah kulit yang umum. Berikut adalah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *