Cumi-cumi merupakan makanan laut yang tidak hanya lezat saja melainkan juga kaya akan protein, vitamin C, omega 3, zat besi bahkan juga kalsium yang sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda. Tapi jika di sini cumi-cumi tidak dibersihkan secara benar maka aroma amis dari cumi-cumi akan mengganggu selera makan kita.

Maka dari itulah Anda harus mengetahui bagaimana cara membersihkan cumi-cumi supaya di sini tidak mengeluarkan bau amis. Sebenarnya Anda bisa membeli cumi-cumi yang telah dibersihkan tapi harga di sini tentu lebih mahal dari yang masih belum dibersihkan.

Untuk Anda yang ingin memangkas pengeluaran tak ada salahnya membeli cumi-cumi yang masih belum dibersihkan. Pasalnya di sini membersihkan hewan laut tersebut terbilang cukup praktis dan mudah.

Bagaimana Cara Membersihkan Cumi-Cumi?

 

Lepas Kepala Cumi-Cumi Lebih Dahulu

Cara membersihkan cumi-cumi segar bisa diawali dengan Anda melepaskan kepala dari tubuh cumi-cumi. Untuk melakukannya Anda hanya perlu memegang bagian bawah menggunakan satu tangan kemudian tarik kepalanya. Saat menarik kepala cumi-cumi cobalah buat gerakan sedikit memutar agar kepala serta bagian dalam tubuh cumi-cumi bisa Anda keluarkan.

Buang Kantung Tinta Cumi-Cumi

Cumi-cumi merupakan hewan yang terbilang unik karena mempunyai kantong tinta di tubuhnya. Tinta tersebut berfungsi dalam menjaga diri dari hewan yang lain. Tinta cumi bisa dimakan dan tinta tersebut bahkan seringkali dijadikan resep dari hidangan lezat.

Namun jika Anda tidak ingin memakainya maka tinta tersebut perlu untuk dikeluarkan lebih dahulu sebelum Anda masak. Cara menghilangkan tinta cumi sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Kantong tinta dari cumi-cumi terletak di bagian isi dalam perut yang telah dikeluarkan untuk poin sebelumnya.

Tekstur tinta tersebut terlihat seperti urat yang berwarna hitam serta cukup mudah untuk Anda keluarkan memakai kuku jari. Selain itu Anda juga perlu untuk mengeluarkan sedikit tinta yang terdapat di bagian belakang mata. Jika Anda ingin menyisihkan tinta cumi-cumi untuk dijadikan makanan lain yang perlu Anda lakukan yaitu lubangi kantong tinta serta masukan tinta pada wadah.

Potong Tentakel Cumi-Cumi

Berikutnya cara membersihkan cumi basah yang perlu untuk Anda lakukan yaitu potong tentakelnya. Tentakel dari cumi bisa dimakan serta bisa Anda olah jadi berbagai macam hidangan seperti contohnya kalamari.

Akan tetapi mayoritas orang mungkin tak menyukai bentuk serta tekstur dari tentakel cumi-cumi dan lebih memilih untuk membuangnya sebelum dimasak. Anda hanya perlu menempatkan pisau kemudian dipotong tentakel tersebut.

Singkirkan Tulang Rawan

Cara untuk membersihkan cumi-cumi nyatanya terbilang mudah. Jika Anda suka mengkonsumsi maka Anda perlu untuk menyingkirkan tulang rawan yang disimpan di dalam tentakelnya.

Tulang rawan ini tidak dapat dimakan serta berada di bagian dasar tentakel. Tulang rawan tersebut terhubung pada kepala cumi-cumi setelah tentakel dipotong dari kepala maka tekan jaringan ikat yang terdapat di bagian atas serta tulang rawan cumi-cumi supaya keluar dengan sendirinya.

Buang Tulang Rawan Bening

Selain tulang rawan yang terdapat di bagian tentakel cumi-cumi juga mempunyai tulang rawan yang ada di bagian ekor. Tulang rawan tersebut cukup unik karena di sini tekstur sangat tipis serta warnanya bening.

Mungkin Anda juga pernah menyaksikan secara tidak sengaja ketika tengah mengonsumsinya. Tulang rawan tersebut merupakan bagian cumi yang tidak boleh untuk Anda makan. Untuk membuangnya Anda hanya perlu memegang tulang rawan dan tarik agar bisa dikeluarkan dari tubuh cumi-cumi.

Itulah tadi ulasan mengenai bagaimana cara membersihkan cumi-cumi. Untuk Anda yang ingin memperoleh tips dan trik lain maka Anda bisa bergabung di forum kesehatan. Di sana nantinya Anda akan mendapatkan banyak sekali pengetahuan-pengetahuan lain yang berguna.

 

RELATED ARTICLES

susu anak 1 tahun

Manfaat Susu Formula Untuk Anak

Selama dua tahun, para ibu disarankan untuk memberikan ASI kepada bayi karena terbukti baik untuk kesehatan dan perkembangan si kecil. Setelah mendapatkan ASI setelah dua tahun, orang tua disarankan untuk memberikan susu formula sebagai pengganti ASI. Meski tidak sebermanfaat ASI, namun susu formula dibutuhkan untuk…

Cara Membersihkan Cumi-Cumi

SehatQ, Cara Membersihkan Cumi-Cumi

Cumi-cumi merupakan makanan laut yang tidak hanya lezat saja melainkan juga kaya akan protein, vitamin C, omega 3, zat besi bahkan juga kalsium yang sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda. Tapi jika di sini cumi-cumi tidak dibersihkan secara benar maka aroma amis dari cumi-cumi akan…

Manfaat Flawless Glow Red Jelly untuk Wajah

Red jelly mendengar namanya, pasti sebagian orang akan mengira bahwa jely merah adalah makanan yang berasal dari gelatin yang memiliki warna merah sesuai dengan namanya. Namun ternyata anggapan tersebut salah, Red Jelly sebenarnya adalah produk kecantikan. Biasanya orang hanya menyebutnya Red Jelly. Jenis produk kecantikan…

Leave a Reply

Your email address will not be published.