Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan jalan tol Serang Panimbang seksi I ruas Serang Rangkasbitung di Provinsi Banten, Selasa (16/11/2021) pagi. Jokowi menyampaikan, pentingnya infrastruktur untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Alhamdulillah, pada pagi ini, Jalan Tol Serang Panimbang Seksi I ruas Serang Rangkasbitung telah selesai dibangun dan siap untuk dioperasikan."

"Kemudahan konektivitas merupakan faktor penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Jokowi pun meresmikan Tol Serang Panimbang Seksi I ruas Serang Rangkasbitung "Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim , Tol Serang Panimbang Seksi I Ruas Serang Rangkasbitung saya resmikan," jelasnya.

Dalam sambutan, Jokowi juga menyampaikan terkait infrastruktur yang dibangun di Indonesia merupakan fondasi bagi negara. "Infrastruktur adalah fondasi bagi negara kita untuk bersaing dengan negara lain." "Artinya, yang kita kejar adalah daya saing kita."

"Tidak mungkin sebuah negara bisa bersaing melampaui dengan negara lain, kalau indeks kompetitifnya lebih rendah," katanya, Lebih lanjut, Presiden mengungkapkan alasan infrastruktur menjadi pondasi bagi suatu negara. "Karena apapun tanpa infrastruktur, barang barang yang ada, harganya akan lebih tinggi."

"Kalau infrastruktur siap, artinya, barang barang kita terdistribusi dengan baik dan menjadi lebih murah," ucap Jokowi. Jokowi menambahkan, adanya infratsruktur ini maka akan memperbaiki jaringan logistik dan menciptakan titik titik pertumbuhan ekonomi baru. Kemudian, memberikan fasilitas dalam berproduksi dan muncul pembukaan lapangan kerja, serta dapat membangun peradaban.

Diketahui, secara keseluruhan, jalan tol Serang Panimbang memiliki panjang 83,67 km. Sementara itu, untuk ruas tol seksi I memiliki panjang jalan 26,5 km. Diberitakan , pembangunan jalan tol Serang Panimbang ini digarap oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT PP (Persero) Tbk, dan PT Jababeka Infrastruktur.

Direktur Utama PT Wijaya Karya Serang Panimbang, Mulyana mengatakan, serifikat laik operasi sudah diterbitkan oleh Kementrian PUPR pada tanggal 12 November 2021. "Sertifikat Laik Operasi sudah diterbitkan oleh Kementerian PUPR. Agenda besok (peresmian) sedang koordinasi dengan Kementerian PUPR," kata Mulyana kepada Kompas, Senin (14/11/2021). Menurut Mulyana, diresmikannya Seksi I Jalan Tol Serang Panimbang akan membuka konektivitas baru bagi masyarakat Banten untuk dari dan menuju Serang Rangkasbitung

Jalan tol Serang Panimbang seksi I ini sudah mendapatkan SLO. Untuk diketahui, pembangunan Jalan Tol Serang Panimbang untuk mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung. Sehingga, akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Banten Tengah dan Banten Selatan yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Simak berita lainnya terkait

RELATED ARTICLES

Pesona Candi Borobudur Magelang dan Sejarahnya

Candi Borobudur Magelang adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Indonesia. Candi yang megah ini adalah situs warisan dunia UNESCO karena bangunannya. Candi ini terbuat dari batu dan dihiasi dengan ukiran dan patung, menjadikannya sebuah wisata yang mengesankan. Adapun yang lebih menakjubkan dari Candi Borobudur…

3 Alasan Kenapa Harus Punya Mobil

Memiliki kendaraan pribadi terutama mobil pada masa pandemi Covid-19 dinilai semakin penting. Tentunya untuk membantu mobilitas harian, mobil pribadi juga dapat mendukung fleksibilitas seseorang untuk bepergian. Terutama pada saat musim hujan, misalnya. Seseorang yang memiliki mobil akan cenderung lebih fleksibel bepergian dibandingkan mereka yang mengendarai…

Upaya Pencegahan Narkoba bagi Remaja

Upaya Pencegahan Narkoba bagi Remaja  – Memberikan solusi pencegahan narkoba bagi remaja sangatlah penting, apalagi dengan maraknya peredaran narkoba dan obat-obatan terlarang yang sangat mempengaruhi mental dan pendidikan generasi muda saat ini. Masa depan bangsa yang besar ini sepenuhnya bergantung pada upaya membebaskan generasi muda…

Leave a Reply

Your email address will not be published.