Upaya Pencegahan Narkoba bagi Remaja  – Memberikan solusi pencegahan narkoba bagi remaja sangatlah penting, apalagi dengan maraknya peredaran narkoba dan obat-obatan terlarang yang sangat mempengaruhi mental dan pendidikan generasi muda saat ini. Masa depan bangsa yang besar ini sepenuhnya bergantung pada upaya membebaskan generasi muda dari bahaya narkoba.

Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja seringkali diawali dengan coba-coba. Namun jika sudah kecanduan maka akan sangat sulit untuk mengobati kecanduan tersebut. Oleh karena itu, remaja sebagai generasi muda harapan bangsa harus mampu menjauhi narkoba.

Apa itu Narkoba? Narkoba adalah singkatan dari narcotics and drug/bahan berbahaya. Selain “narkoba”, istilah lain yang diperkenalkan secara khusus oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah obat yang merupakan singkatan dari narkotika, zat adiktif, atau psikotropika. Bagaimana remaja mencegah narkoba?

Cara Mudah Mencegah Narkoba Bagi Remaja

Kita bisa menghindari narkoba dengan banyak cara, namun setidaknya ada cara mudah yang bisa kita rekomendasikan untuk para remaja.

Selektif dalam Hubungan

Pergaulan yang salah bisa membuat kita terjerumus sehingga kita harus berhati-hati dengan teman kita sendiri. Kita juga harus berani menolak narkoba dan meninggalkan teman-teman kita yang bisa merugikan kita. Cari teman baru jika teman lama hanya mencoba menjerumuskan kita ke dalam lubang yang dalam.

Memperkuat Pertahanan Spiritual

Agar remaja tidak mudah terpengaruh oleh ajakan atau bujukan teman dan mampu mengatasi rasa ingin tahunya, maka mereka harus meningkatkan spiritualitasnya. Spiritualitas adalah kondisi jiwa yang selalu tertuju kepada Allah SWT. Untuk meningkatkan spiritualitas, seorang remaja harus mengamalkan ajaran Islam secara kaffah (lengkap).

Jangan Mencoba

kita bisa menghindari narkoba dengan tidak mencobanya sama sekali, tahukah anda bahwa kesalahan terbesar dari semua remaja pengguna narkoba adalah mereka telah mencobanya. Sekali mencoba, Anda sudah menjadi pengguna dan akan ketagihan. Anda tidak akan pernah menjadi pecandu narkoba jika Anda tidak pernah mencoba. Oleh karena itu, jangan sekali-kali mencoba menggunakan narkoba.

Miliki Hobi dan Aktivitas Positif

Isi masa remaja penuh semangat dengan menyalurkan hobi positif seperti olahraga, melukis, menulis, dan lain sebagainya. Hal ini selain untuk meningkatkan keterampilan, juga membatasi lingkungan sosial bagi orang-orang yang memiliki ide dan kreasi yang positif pula. Orang yang tidak sibuk lebih mudah diajak melakukan hal-hal negatif, termasuk menggunakan narkoba.

Pikirkan Jangka Panjang

Ia harus bisa memikirkan segala tindakannya, apa saja dampak positif dan negatifnya. Jika suatu tindakan akan berdampak negatif, maka ia harus menjauhinya. Dalam hal narkoba, jelas efek negatifnya sangat banyak, oleh karena itu tidak ada pilihan lain bagi para remaja, selain menjauhinya.

Ingat Masa Depan

Penyalahgunaan narkoba dapat menghancurkan masa depan. Orang yang kecanduan narkoba tidak bisa berpikir sehingga tidak bisa berbuat apa-apa. Ini akan menghancurkan masa depan. Orang yang kecanduan narkoba cenderung memiliki perilaku kriminal karena mereka tidak mungkin dapat belajar, bersekolah, atau bekerja.

Rehabilitasi Narkoba

Rehabilitasi narkoba adalah solusi terbaik bagi pecandu narkoba untuk lepas dari kecanduan narkoba. Pentingnya membantu teman atau keluarga untuk mendapatkan rehabilitasi narkoba dengan spesialis medik dan sosialnya. Lalu, berapa biaya rehabilitasi narkoba? Di Indonesia sendiri, rehabilitasi narkoba telah difasilitasi oleh pemerintah melalui Badan Narkotika Nasional dan beberapa rumah sakit swasta.

Penyalahgunaan Narkoba

Tahukah Anda bahwa trial and error adalah awal dari penyalahgunaan narkoba. Dari sekedar bereksperimen sedikit, akhirnya terjerumus ke dalam risiko penggunaan dosis yang lebih besar.  Kondisi ini akan bertahan sampai titik tertentu, pengguna tidak bisa menahan obat hanya satu hari. Penyalahgunaan narkoba di Indonesia tergolong tinggi dan hal ini harus diwaspadai.

Itulah beberapa tips untuk pencegahan narkoba bagi remaja, semoga artikel ini bermanfaat.

 

RELATED ARTICLES

susu anak 1 tahun

Manfaat Susu Formula Untuk Anak

Selama dua tahun, para ibu disarankan untuk memberikan ASI kepada bayi karena terbukti baik untuk kesehatan dan perkembangan si kecil. Setelah mendapatkan ASI setelah dua tahun, orang tua disarankan untuk memberikan susu formula sebagai pengganti ASI. Meski tidak sebermanfaat ASI, namun susu formula dibutuhkan untuk…

Cara Membersihkan Cumi-Cumi

SehatQ, Cara Membersihkan Cumi-Cumi

Cumi-cumi merupakan makanan laut yang tidak hanya lezat saja melainkan juga kaya akan protein, vitamin C, omega 3, zat besi bahkan juga kalsium yang sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda. Tapi jika di sini cumi-cumi tidak dibersihkan secara benar maka aroma amis dari cumi-cumi akan…

Manfaat Flawless Glow Red Jelly untuk Wajah

Red jelly mendengar namanya, pasti sebagian orang akan mengira bahwa jely merah adalah makanan yang berasal dari gelatin yang memiliki warna merah sesuai dengan namanya. Namun ternyata anggapan tersebut salah, Red Jelly sebenarnya adalah produk kecantikan. Biasanya orang hanya menyebutnya Red Jelly. Jenis produk kecantikan…

Leave a Reply

Your email address will not be published.